Seminar Nasional Prodi Ilmu keperawatan Usahid Surakarta

Minggu 11 Maret 2018, bertempat di Graha Sarjana Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) telah diselenggarakan seminar nasional keperawatan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta), seminar nasional dengan tema “Trend dan Issue Paliative Care di Indonesia”. Sebagai keynote speaker yaitu Dr.Christantie Effendy,S.Kp.,M.Kes., (Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia)  dan Budi Purwanto S.Kep.,Ns.,M.Kes.,(Owner dan Founder Budi Nersalindo)

Latar belakang Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta) mengadakan seminar Nasional keperawatan “Tentang Trend dan Issue Paliative Care di Indonesia” . Kondisi  negara Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden. Masalah kesehatan triple burden dikarenakan masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) dan penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Namun, perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Penyakit Tidak Menular (PTM)

Tahun 2015, Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kanker dan Diabetes justru menduduki peringkat tertinggi. Tingginya penyakit yang dilayani maka dibutuhkan peran serta tenaga keperawatan. Peran serta tenaga keperawatan tentunya sangat diperlukan dalam rangka penanganan Penyakit Tidak Menular  (PTM) tersebut. Tenaga Keperawatan berfungsi untuk pada penekanan promotif (penyuluhan kesehatan) dan prefentif (Usaha Pencegahan) serta kuratif (usaha pengobatan, Upaya kuratif bertujuan untuk merawat dan mengobati anggota keluarga, kelompok yang menderita penyakit atau masalah kesehatan) dan rehabilitative (Merupakan upaya pemulihan kesehatan bagi penderita-penderita yang dirawat dirumah, maupun terhadap kelompok-kelompok tertentu yang menderita penyakit yang sama).

Seminar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa keperawatan Universitas Sahid Surakarta (Usahid Surakarta), para guru dan siswa dari SMK Kesehatan se solo raya, dan praktisi keperawatan dari semua intansi Rumah Sakit di wilayah Solo dan sekitarnya. acara ini berjalan lancar tanpa kendala sesuatu dari awal hingga berakhirnya kegiatan seminar nasional ini. Kedepanya kami berharap supaya seminar seperti ini bisa terselenggara lagi di universitas sahid surakarta (usahid Surakarta). Idris Yani P.